Workshop Peningkatan Kompetensi Guru SMKN 1 KUPANG

Hari Jumat, (15/03/24) bertempat di aula SMKN 1 Kupang, para guru mengikuti workshop yang bertema, Metode/Strategi Pembelajaran Menyangkut Numerasi dan literasi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Wakasek Kurikulum demi meningkatkan kualitas guru dalam membudayakan literasi di lingkungan SMKN 1 Kupang. Dalam pengantarnya, Wakasek Kurikulum, Ibu Dra. Lenny E. De Haan mengatakan, "Kegiatan ini merupakan upaya lembaga SMK Negeri 1 Kupang untuk meningkatkan hasil rapor sekolah yang berkaitan dengan literasi dan numerasi."

"Diharapkan dengan kegiatan ini, literasi dan numerasi siswa SMKN 1 Kupang semakin meningkat, daya pikir dan nalar siswa semakin kritis sehingga mereka (siswa red.) dapat dipakai dalam dunia industri sebagai tenaga-tenaga yang kompeten," ujar Kepala SMKN 1 Kupang, Drs. Mixon R. N. Abineno.

Hadir sebagai narasumber, Dr. Damianus Samo, M. Pd., Kapro Pendidikan Matematika dan Dr. Labu Djuli, M. Hum., Kapro Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Nusa Cendana.
Dalam paparannya, Didimus menyatakan bahwa numerasi peserta didik dapat dibudayakan dengan mengintegrasikan model-model soal Asesmen Nasional dalam pembelajaran. Numerasi tidak melulu tentang pelajaran matematika melainkan keterampilan menggunakan berbagai angka dan simbol matematis dalam menyelesaikan masalah-masalah sehari-hari sesuai konteks kehidupan peserta didik. Sementara itu, Labu Djuli menjelaskan bahwa literasi baca tulis membantu siswa untuk bernalar kritis dan akhirnya dapat berkomunikasi dengan baik secara tertulis maupun secara lisan. Oleh karena itu diperlukan usaha dari semua guru mata pelajaran untuk membantu menstimulasi daya pikir yang kritis peserta didik. Karena literasi tidak hanya menjadi tanggung jawab guru Bahasa Indonesia atau guru Matematika tetapi semua guru karena semua ilmu mengajarkan keterampilan untuk digunakan dalam hidup.

Kegiatan ini diwarnai dengan pertanyaan-pertanyaan kritis berkaitan dengan metode-metode pembelajaran dan persoalan-persoalan yang berkaitan dengam kemampuan literasi peserta didik yang saat ini masih berkembang. Semoga kegaitan ini membawa dampak yang baik bagi proses belajar peserta didik di sekolah.

Tag : Smekenza  workshopguru  smkn1kupang 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..