Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah tersebut mengikuti sosialisasi pengelolaan kinerja melalui pengisian Rencana Harian Kegiatan (RHK) di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Acara ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan RHK di PMM sebagai alat efektif dalam perencanaan, pemantauan, dan evaluasi kinerja pendidik dalam meningkatkan kompetensi setiap pendidik.

Acara sosialisasi diadakan di Aula SMKN 1 Kupang pada hari Jumat  26 Januari 2024, yang dihadiri oleh semua guru dari berbagai mata pelajaran dan jenjang dan kepala sekolah. Kegiatan dimulai pukul 11.30 WITA dan berlangsung dengan penuh antusiasme.

Kegiatan diawali oleh laporan ketua panitia dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMKN 1 Kupang, Drs. Mixon R. N. Abineno, yang menekankan pentingnya pengelolaan kinerja di PMM ini sebagai langkah awal untuk peningkatan raport mutu pendidikan di sekolah tersebut. Beliau menyampaikan bahwa PMM dan pengisian RHK bukan hanya sekadar administrasi, tetapi juga merupakan alat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan dua sesi utama. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Yohanes Yosef Seran Klau, ST, yang memberikan pemahaman tentang konsep pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah melalui pengisian RHK. Beliau memberikan penjelasan mendalam tentang bagaimana memilih format RHK yang sesuai dan juga poin-poin penilaian dalam penggunaan RHK di PMM dan dilanjutkan oleh Ibu Yus Widiantini, S.Pd, yang fokus pada panduan langkah demi langkah tentang pengelolaan RHK di PMM. 

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya memberikan materi teoritis, tetapi juga melibatkan peserta dalam sesi tanya jawab. Para peserta aktif bertanya yang menciptakan suasana interaktif.

Pada akhir kegiatan, Kepala Sekolah SMKN 1 Kupang, Drs. Mixon R. N. Abineno mengungkapkan rasa terima kasih kepada para nara sumber yang telah bersedia hadir walaupun dihubungi dalam waktu singkat dan juga kepuasannya terhadap partisipasi dan antusiasme seluruh peserta. Harapan dari Beliau, kedepan setiap guru dapat mencapai lebih dari 32 poin minumum dalam PMM. 

Semoga acara sosialisasi ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mengoptimalkan pengelolaan kinerja di dunia pendidikan.

Tag : PMM RHK 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri
Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri Kepala SMKN 1 Kupang: "Pulang bawa ilmu.&q..