SONGSONG TOEIC, 1456 PESERTA DIDIK SMKN 1 KUPANG IKUTI SELEKSI VIERA

Jumat (31/5/24) kelompok terakhir peserta test VIERA menjalani seleksi. Menurut keterangan Sekretaris Panitia, Ibu Margerita Bire, S. Pd., seleksi ini telah berlangsung 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 1456.

Tahun ini merupakan tahun ketiga SMK Negeri 1 Kupang mengikuti program berskala internasional ini. Bahkan berkat prestasi tiga orang siswa yang meraih nilai tertinggi tingkat nasional dan tampilnya Ibu Adriana K. Parera sebagai guru berpengaruh tingkat nasional, saat ini SMK Negeri 1 Kupang merupakan salah satu dari 15 sekolah terbaik tingkat nasional dari 800an sekolah dan menjadi sekolah rujukan penyelenggaraan TOEIC di Provinsi NTT.

Kepala SMK Negeri 1 Kupang, Drs. Mixon R. N. Abineno menjelaskan bahwa melalui Test VIERA peserta didik akan dinilai dan dipersiapkan secara baik untuk mengikuti test TOEC. “Saya telah mengimbau kepada para guru Bahasa Inggris agar kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam test ini sehingga kemampuan komunikasi Bahasa Inggris mereka meningkat dan mereka juga tidak kesulitan mengerjakan soal-soal test VIERA ini.” Ujar Mixon didampingi Waka Humas, Bapak Karolus Pi, S. Pd dan Ketua Panitia, Ibu Adriana Klara Parera, S. Pd., M. Pd.

VIERA sendiri merupakan asesmen yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam hal ini peserta didik; sejauh mana kesiapan mereka untuk mengikuti International standardized test, khususnya TOEIC. Tes VIERA terdiri atas tes Listening dan Reading dengan durasi 2 jam.

Terkait dengan persiapan peserta didik, Ibu Adriana Klara Parera, Ketua Panitia pelaksanaan TOEIC menyatakan, “Test VIERA ini merupakan kelanjutan dari ujian mata pelajaran Bahasa Inggris Sumatif Akhir Semester (SAS), karena pembelajaran di kelas selama ini berorientasi pada TOEIC sebagaimana yang diharapkan bapak kepala sekolah maka dengan model SAS seperti ini, kita dapat mengukur kualitas dan tingkat keberhasilan pembelajaran di kelas. Anak-anak juga senang karena mereka dapat mengukur kemampuan mereka sendiri dan sebagai bonus luar biasa dari keberhasilan mereka, mereka akan dibimbing untuk mengikuti TOEIC baik secara online maupun secara Offline.” Terang Ketua MGMP Bahasa Inggris SMKN 1 Kupang ini.

Sementara itu, untuk mendukung seluruh rangkaian test selama tiga hari ini, Koordinator teknis yang juga adalah ketua Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Frengky A. Lesiangi, S. ST., M. Par. menyatakan, pelaksanaan seleksi ini didukung oleh 14 Laboratorium komputer dengan 25 komputer utama untuk siswa dan 15 komputer cadangan. Kesuksesan kegiatan ini merupakan bukti kerja koodinasi dan kerja sama yang baik dari panitia penyelenggara.

Tag : smkn1kupang smekenza smkntt smkterbaikntt testviera2024 testtoeic2024 pendidkanntt 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..