Siswa ULP SMKN 1 Kupang Lakukan Pendampingan Wisata Warga Manikin

Salah satu projek Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata bagi kelas XII telah dilaksanakan pada Jumat, 13 Oktober 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Manikin, Kelurahan Tarus, Kabupaten Kupang.

SMKN 1 Kupang sebagai penyedia calon tenaga kerja yang berkompeten kini telah memberikan sumbangsi positif terhadap warga Manikin dalam usaha mengembangkan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Hal ini selaras dengan arahan Waka Humas, Bapak Karolus Pi, S. Pd. dalam membuka rapat persiapan proyek bagi kelas XII di aula SMKN 1 Kupang Rabu, 11 Oktober 2023. Beliau menegaskan bahwa proyek yang dilakukan peserta didik harus memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Berawal dari undangan BRIEF. kepada ketua program keahlian ULP (usaha layanan wisata) untuk menghadiri Manikin Sunset Festival, kerjasama dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh kedua belah pihak." Terang Ibu Ni Made Suni, S. Pd., M. Par. Ketua Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata.

Kini, dalam rangka projek pra LSP, program keahlian usaha layanan Pariwisata mengelompokkan para siswa sesuai dengan okupasi atau jabatan di dunia kerja. Bagai gayung bersambut, kesempatan ini disambut dengan baik oleh pihak Pemuda Manikin yakni menerima sosialisasi sadar wisata dari peserta didik SMKN 1 Kupang. Dalam paket kegiatan ini, peserta didik yang turut di dalamnya adalah mereka yang memilih okupasi Booker (MICE) yang berperan sebagai MC dan menangani seluruh acara.  Peserta didik yang memilih okupasi Junior Tour Guide bertugas menyiapkan materi tentang sadar wisata dan memaparkannya. Junior tour cosultant dan Junior tour officer, bertugas mewawancarai nara sumber dan mencari informasi penting di lokasi wisata. Informasi tersebut dipelajari lalu dikemas dalam bentuk paket tour yang menarik untuk dipromosikan.

Acara berlangsung apik dan menarik. Buktinya perwakilan pemerintah dalam hal ini Lurah Lasiana, Bapak Solema Lakabela dan jajarannya, ketua RW dan RT juga organisasi pemuda dan masyarakat sekitar,  hadir dan setia mengikuti acara sejak pukul 16.00 sampai dengan pukul 19.00 malam.

Kesuksesan acara ini berkat kerja sama tim yang solid pada tataran pembimbing yakni Ibu Adriana Klara Parera, Ibu Juliana Laelani Kuhurima, Ibu Eryani Mega dan pendamping yakni Ibu Margarita Bire dan Bapak Revaldy G. Soay.

Menurut Ibu Adriana Klara Perera, S. Pd. M. Par., anak-anak dipersiapkan selama 1 minggu penuh. Tugas -tugas dibagikan dengan jelas dan terperinci sehingga anak-anak sudah paham tugasnya masing-masing.

Kehadiran SMKN 1 Kupang sebagai pendamping bagi para pengelola objek wisata pantai Manikin ini disambut penuh semangat. Masyarakat sekitar yang berjualan di pantai ini berharap mereka dapat diberi pelatihan untuk memproduksi souvenir seperti yang dibagikan peserta didik sebagai hadiah pagi para penanya dalam pemaparan materi sapta pesona. 

Kegiatan ini menjadi momen terbaik bagi siswa untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang sudah mereka peroleh dalam proses KBM di sekolah.

Tag : ntt smk pariwisata ntt 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..