![](https://smkn1kupang.sch.id/file/artikel/900/1695909865_d391b1f64cf16645a6aa.jpeg)
Pagi ini (Jumat, 22 September 2023) Rombongan peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Wisata dan guru pendamping berangkat dari SMKN 1 Kupang ke PT Angkasa Pura (Persero) I Bandar Udara Internasional Eltari Kupang.
Perjalanan diisi dengan mengasah keterampilan pemanduan wisata oleh para siswa dan sertai dengan penjelasan mengenai sejarah Bandar Udara Internasional Eltari.
Pada DUDI yang pertama ini, peserta didik diarahkan untuk mengenal prosedur awal keberangkatan, lalu ke pemeriksaaan tiket (Security Check Point 1). Pada bagain ini, peserta didik diperkenalkan dengan prosedur pemeriksaan tiket dan data diri penumpang atau Check In Counter. Setelah itu peserta didik menyaksikan bagaimana tiket dicetak menjadi boarding pass. Setelah mendapatkan boarding pass, pembelajaran dilanjutkan ke security check point 2 yakni pemeriksaan boarding pass. Setelah itu dilanjutkan ke ruang tunggu domestik domestik khusus gate/pintu no 1-6 dan internasional di gate/pintu no 7. Peserta didik mengamati dan mempelajari semua prosedur ini dengan antusias yang tinggi. Setelah memahami seluruh prosedur itu, peserta didik diarahkan ke tempat parkir pesawat lalu ke bagian yang terakhir yaitu pintu kedatangan. Di bagian ini mereka bisa melihat tamu yang menunggu bagasi dan tamu yang baru landing.
Tour bandara dimaksudkan agar peserta didik memahami secara utuh bagaimana proses pelayanan yang harus diberikan kepada calon penumpang yang akan berangkat dan penumpang yang telah tiba.
Pembelajaran ini diwarnai dengan berbagai pertanyaan menarik dari siswa yang dijawab dengan baik oleh para mentor dari dunia industri.
Keseruan peserta didik di Bandara Internasional Eltari harus diakhiri karena perjalanan harus dilanjutkan ke Hotel Sotis.
Perjalanan ke hotel semakin seru karena diwarnai dengan kuis berhadiah dari guru pendamping. Pertanyaan-pertanyaan yg dilontarkan berkaitan dengan pengetahuan yang didapatkan di Bandara Eltari.
Setelah kuis, keseruan dilanjutkan dengan pemanduan oleh siswa mengenai latar belakang dan sejarah Hotel Sotis.
Tiba di hotel ini peserta didik disambut dan diajak tour hotel. Tour hotel adalah kegiatan mengelilingi beberapa bagian di hotel seperti spa, meeting room, room, swimming poll, restaurant, bar, coffee shop, dan lain sebagainya.
Kegiatan berikutnya yaitu table manner yang dipandu dan dijelaskan langsung oleh staff hotel. Table manner merupakan bagian dari kemampuan softskill yang harus dimiliki peserta didik Usaha Layanan Pariwisata khususnya di dunia perhotelan. Table manner adalah aturan etiket yang digunakan saat jamuan makan dan juga mencakup ketepatan penggunaan peralatan makan. Keterampilan dan etika table manner sangat berpengaruh pada kepuasan tamu dan citra diri seorang karyawan hotel.
Keterampilan-keterampilan dan pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh siswa dalam tour-tour ini merupakan investasi masa depan terbaik bagi peserta didik SMKN 1 Kupang Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata sebagaimana yang diharapakan Kepala SMKN 1 Kupang, Mixon Abineno dalam acara pelepasan peserta Kunjungan Industri.
Tag : ntt