RAYAKAN HARDIKNAS, SMKN 1 KUPANG LAUNCHING SMEKENZA BANK MINI MOBILE

Hardiknas tahun 2024 di SMKN 1 Kupang sangat berbeda. Selain diwarnai dengan sukacita menyambut pengumuman kejuaraan lomba-lomba dan penyerahan hadiah baik di tingkat sekolah maupun di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, kali ini SMKN 1 Kupang dengan bangga melaunching aplikasi Smekenza Bank Mini Mobile.
Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara SMKN 1 Kupang dengan Bank Tabungan Negera cabang Kupang. Bank Tabungan Negara cabang Kupang telah menjadi sponsor utama TEFA (Teaching Factory) Program Keahlian Akuntasi dan Keuangan Lembaga dengan menghadirkan Bank Mini sebagai sarana belajar bagi peserta didik konsentrasi perbankan.
Dalam sambutannya, Kepala SMKN 1 Kupang, Drs. Mixon R. N. Abineno mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian Program Keahlian Akuntasi dan Keuangan Lembaga. Ini juga merupakan suatu bentuk kesungguhan sekolah kita menggunakan model pembelaran TEFA (teaching factori) yakni model pembelajaran di SMK yang berbasisi produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Mixon berharap aplikasi ini terus dikembangkan fitur-fiturnya agar tidak hanya sebatas mengecek saldo namun juga dapat digunakan untuk transfer dan transaksi keuangan lainnya. ”Bila perlu honor-honor tenaga pendidik dan kependidikan dibayarkan melalui Bank Mini sehingga pengguna SMEKENZA BANK MINI MOBILE semakin meningkat.”
Sementara itu Funding Sales Unit Head Bank Tabungan Negara, Galih Hatianto dalam sambutan singkatnya berharap aplikasi ini menjadi media pembelajaran yang baik sekaligus menjadi contoh yang baik bagi seluruh sekolah di Indonesia.
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh nasabah untuk mengecek saldo tabungannya. Menurut Ibu Ika Mayasari, Ketua Program Keahlian Akuntasi dan Keuangan Lembaga aplikasi ini dibuat berdasarkan kebutuhan pembelajaran peserta didik, khususnya peserta didik di konsentrasi perbankan. ”Kita tahu, zaman sekarang ini semua transaksi di bank itu menggunakan aplikasi. Nah ketika PKL, anak-anak memang diperkenalkan dengan aplikasi itu di bank tempat mereka PKL namun tidak semua isi aplikasi itu dapat mereka akses sehingga setelah berdiskusi dengan seluruh guru program keahlian akuntasi, kami memutuskan untuk membuat aplikasi ini. Aplikasi ini didesain mirip dengan aplikasi-aplikasi perbankan sehingga ketika PKL atau kerja nanti anak-anak kita sudah terbiasa dengan aplikasi-aplikasi perbankan. Aplikasi ini dipakai oleh peserta didik konsentrasi perbankan yang berpraktik di Bank Mini SMKN 1 Kupang setiap hari untuk melayani transaksi keuangan para peserta didik. Harapan saya, peserta didik konsentrasi perbankan dapat memanfaatkan aplikasi ini sebaik-baiknya untuk belajar.”

Hasil Perlombaan Songsong Hardiknas
Upacara Hardiknas berlangsung hikmat dan meriah. Seluruh warga SMKN 1 Kupang tampil dengan busana adat NTT. Upacara dipimpin oleh Waka Kurikulum, Ibu Dra. Lenny E. De Haan. Upacara diakhiri dengan pengumuman lomba. Ada dua jenis lomba yakni pidato dan story telling. Untuk mata lomba story telling juara satu diraih oleh Irma Baleare (XI ULP 3). Juara dua diraih oleh Angelix Tlaan (XI TJKT 2), juara tiga oleh Brigitha Lona. Juara empat dan lima berturut-turut diraih oleh Lemart Manoe (X ULP 4) dan Ester Pellokila (X ULP 3). Untuk bidang lomba pidato Bahasa Indonesia, Verginia Sulastri Obe (XI AKL 3) tampil sebagai Juara 1. Juara 2 diraih oleh Ferena Kayla M. Nalenan (X ULP 4), juara tiga Mutiara Ewang Mau (XI AKL 3), juara empat, Yunita Lulu XI ULP 4, dan Juara lima, Estherina Ch. Usboko (X AKL 2).
Di bidang olahraga, pertandingan diikuti oleh kelompok siswa dan kelompok guru/tenaga pendidik. Bidang olahraga terdiri dari dua jenis pertandingan yakni futsal putra putri oleh siswa dan tenis meja oleh para guru/tenaga pendidik.
Futsal putri juara 1 diraih oleh Program Keahlian TJKT, juara 2 oleh Program Keahlian AKL, juara 3 oleh Program Keahlian Pemasaran, dan juara 4 oleh Program Keahlian ULP.
Juara 1 futsal putra diraih oleh Program Keahlian TJKT, juara 2 oleh Program Keahlian AKL, juara 3 dan 4 oleh Program Keahlian Pemasaran 21 dan Pemasaran 24.
Tenis meja putri dimenangkan oleh Ibu Nina Dando. Juara 2 diraih oleh Ibu Lenny De Haan, Juara 3 oleh Ibu Lanny. Sementara tenis meja putra dimenangkan oleh Pak Nara, juara 2 Pak John Sulima, dan juara 3 oleh Pak Aditananya.
Para guru dan tenaga pendidik SMKN 1 Kupang juga turut dalam pertandingan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Pada lomba tarik tambang, putra dan putri SMKN 1 Kupang dikalahkan oleh tim dari SMKN 2 Kupang. Namun pada pertandingan Voli campuran, SMKN 1 Kupang keluar sebagai pemenang ke 2. Tidak hanya itu suporter SMKN 1 Kupang diapresiasi sebagai suporter terbaik dan goyang masal terbaik. 

Tag : Smekenza  smkn1kupang hardiknas 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..