Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri

Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri
Kepala SMKN 1 Kupang: "Pulang bawa ilmu."

Kunjungan industri kembali digelar di tahun pelajaran 2023/2024. Program keahlian yang terbagi dalam dua konsentrasi yaitu Bisnis Retail dan Bisnis Digital tersebut berkesempatan mengunjungi 3 DUDI, antara lain Kantor Dekranasda Provinsi NTT, Central Perabot, dan pusat perbelanjaan Ramayana. 

Mempertimbangkan ketersediaan ruangan di DUDI tertentu, efektifitas, dan kelancaran kunjungan, peserta dan guru pendamping dibagi dalam 6 tim dengan sistem roling ke semua DUDI hingga berakhir di Pantai Lasiana.
 
Dalam arahannya kepada peserta didik kelas XI, Kepala SMKN 1 Kupang, Bapak Drs. Mixon R. N. Abineno berharap kesempatan ini dipakai sebaik-baiknya oleh peserta didik untuk belajar di DUDI yang dikunjungi dan membawa pulang ilmu untuk meningkatkan kompetensi.

Kantor Dekranasda.

Di tempat ini, peserta didik diperkenalkan pada produk-produk lokal NTT, mulai dari proses pembuatannya hingga cara memasarkannya, seperti kopi, coklat kelor, tenunan, dll. Kunjungan di tempat ini memberikan wawasan baru tentang pengembangan kekayaan budaya dan alam NTT yang dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan ekonomi masyarakat. 

Central Perabot

DUDI berikutnya yang dikujungi adalah Central Perabot. Di DUDI ini, peserta didik menyaksikan implementasi dari pelajaran Bisnis Digital. Peserta didik dipertemukan langsung dengan pembuat website dan content creator, sehingga mendapat banyak pengetahuan tentang pengembangan web dan bagaimana mempromosikan produk secara digital.

Pusat Perbelanjaan Ramayana

Peserta didik pun diberi kesempatan belajar tentang Bisnis Retail, Komunikasi Bisnis, dan Penataan Produk di pusat perbelajaan Ramayana. Banyak pertanyaan dilontarkan oleh peserta didik kepada pihak Ramayana. Mulai dari cara menata barang, cara berkomunikasi, cara menghitung diskon, bahkan cara mengoperasikan mesin kasir yang sudah tentu dijawab dengan sangat baik oleh pihak Ramayana.

Kunjungan diakhiri di pantai Lasiana dengan membersihkan pantai sebagai wujud kepedulian dan cinta terhadap lingkungan. Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama.

Tanggapan DUDI dan Peserta Kunjungan Industri

Kegiatan yang berkualitas ini disambut baik oleh DUDI-DUDI yang dikujungi. Bahkan ketiga DUDI berharap kegiatan ini tetap berlanjut agar mereka selalu dikunjungi setiap tahun. Selain menjadi tempat belajar, DUDI-DUDI ini dapat mempromosikan produk mereka kepada calon tenaga kerja yang berkompeten. Karena itu pula mereka berharap, peserta didik dari Progli Pemasaran dapat ditempatkan di DUDI mereka pada waktu Praktik Kerja Lapangan nanti.
Sementara itu, Debora, kelas XI Pemasaran 1, salah satu peserta kunjungan industri mengaku senang karena bersama teman-temannya, mereka dapat membuktikan bahwa pelajaran yang mereka laksanakan di sekolah ternyata sangat diperlukan di dunia kerja.

Tag :  

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri
Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri Kepala SMKN 1 Kupang: "Pulang bawa ilmu.&q..