Mahasiswa Dili Institute Technology Timor Leste Pelajari Aplikasi Accurate di SMKN 1 Kupang

Tak hanya sekadar slogan, SMKN 1 Kupang kini dilirik oleh Dili Institute Technology. Update teknologi oleh Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga menjadi salah satu daya tarik istimewa bagi institut teknologi asal Timor Leste ini. 

Menurut Pengakuan dosen DIT, Ibu Leny Marlina Kanadjo, S.E., M.M., "Kegiatan sehari ini terasa tidak cukup. Ilmu yang disharingkan oleh instruktur dari SMKN 1 Kupang sangat bermanfaat dan sangat diperlukan mahasiswa kami. Sayangnya kali ini hanya 15 mahasiswa karena lainnya terkendala passport. Kedepannya kami berharap bisa lebih banyak mahasiswa yang ikut, atau semoga ada kerja sama yang lebih baik dengan SMKN 1 Kupang sehingga guru-guru atau siswa dari sini bisa ke DIT untuk berbagi ilmu dan Mahasiswa atau Dosen DIT bisa melakukan penelitian di sekolah ini."

Memang dalam pertemuan itu, Kepala SMKN 1 Kupang, Drs. Mixon R.N. Abineno menyampaikan penghargaan kepada DIT yang telah memilih SMKN 1 Kupang sebagai tempat belajar bagi para mahasiswa dari negara tetangga tersebut. Penghargaan tersebut diwujudkan dengan sertifikat yang diserahkan di akhir pembelajaran aplikasi Accurate. Beliau berharap, ilmu yang didapatkan mahasiswa di sekolah ini dapat bermanfaat ketika kembali ke Timor Leste. Dengan kehadiran para mahasiswa ini pula, Mixon berharap peserta didik SMKN 1 Kupang lebih bersemangat lagi dalam belajar karena peluang-peluang yang baik telah terbuka lebar.

Sementara itu Lamberto Salu, B. Bus., M.M., dosen pendamping lainya menyatakan bahwa ilmu yang didapatkan mahasiswa DIT dari SMKN 1 Kupang sangat penting mengingat aplikasi Accurate belum banyak dipakai di negara asalnya, Timor Leste. Oleh karena itu, sekembalinya rombongan ini, akan disampaikan ke pihak sekolah tinggi untuk melanjutkan kerja sama berupa penandatanganan MOU. Berkaitan dengan MOU, Kepala SMKN 1 Kupang telah menyambutnya dengan baik.
"Kita berharap ada MOU, jika DIT membutuhkan guru atau siswa kita memberikan sosialisasi atau kerja sama dalam bentuk lain." Hal yang sama ditegaskan oleh Waka Humas SMKN 1 Kupang, Bapak Karolus Pi, S. Pd. " Ini merupakan pengimbasan dari penerapan kurikulum merdeka yang dilaksanakan oleh SMKN 1 Kupang. Pengimbasan Kurikulum Merdeka SMKN 1 Kupang tidak hanya kepada sekolah-sekolah dan masyarakat sekitar NTT, namun juga menembus dunia internasional."

Program lain yang ditawarkan SMKN 1 Kupang, dalam hal ini Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga adalah aplikasi perbankan baru berisi fitur-fitur akuntansi yang dapat dipakai untuk memperlancar semua kegiatan pencatatan keuangan yang tentu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa DIT Fakultas Bisnis dan Managemen, Program Studi Keuangan, Konsentrasi Corporate Finance. Hal ini disampaikan Ibu Wibriari Ika Mayasari, S. Pd. MPd., Ketua Program Keahlian Akuntasi Keuangan Lembaga di hadapan para dosen dan mahasiswa DIT Timor Leste dan ditanggapi penuh antusias. 
"Di sini sangat menyenangkan. Banyak kebutuhan kami yang terpenuhi di SMKN 1 Kupang juga di UNIKA Widya Mandira dan OJK. Waktu 1 hari penuh di SMKN 1 Kupang sangat tidak cukup untuk kami. Semoga DIT dan SMKN 1 Kupang bisa bekerja sama agar kami bisa mengupdate skill kami dan tidak hanya kami tetapi adik-adik mahasiswa lainnya juga. Dengan demikian, kami bisa langsung bekerja ketika tamat dari DIT. Selain itu adik-adik dan guru-guru di sini juga semoga bisa ke Timor Leste untuk belajar di sana." Ujar Hamilton Francisco Xavier Amaral, ketua tingkat mahasiswa asal Timor Leste. (Plinong)

Tag : SMKN 1 Kupang Timor Leste 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..
Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri
Program Keahlian Pemasaran Gelar Kunjungan Industri Kepala SMKN 1 Kupang: "Pulang bawa ilmu.&q..