Tunjukan Performa Terbaik, Peserta Tour Puas Terhadap Kinerja Guide SMKN 1 Kupang

Pada Bulan Oktober 2023, Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata selenggarakan dua kali tour.  Kegiatan ini dilaksanakan sebagai projek pra LSP bagi peserta didik kelas XII Kompetensi Usaha Layanan Pariwisata dalam hal ini yang memilih okupasi Junior Tour Officer dan Junior Tour Guide. Para peserta didik yang memilih dua okupasi tersebut telah mempromosikan dan menjual 2 paket tour di dua sekolah yakni SMP Katolik St. Yoseph Naikoten, yang tournya diselenggarakan pada Jumat, 20 Oktober 2023 dan SDK Don Bosco 2 pada hari Jumat, 27 Oktober 2023.
 
Kepala SMPK St. Yoseph Naikoten, Romo Fransiscus Amandus Oe Ninu, Pr bahkan bersedia melanjutkan kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MOU. Kepala SMPK St Yoseph mengakui bahwa kegiatan tour ini sangat penting. Selain menjadi waktu yang baik untuk refreshing, sekalian memberikan kesempatan kepada peserta didik kelas VII dan VIII di sekolah itu untuk berdoa Rosario di taman ziarah Yesus Maria, Oebelo.

Sebagaimana peserta tour SMPK St. Yoseph Naikoten, peserta didik SD Don Bosco 2 pun berpuncak di Taman Ziarah yang berpelindung, St. Yohanes Paulus II itu.

 Pemanduan yang menarik dan menyenangkan memberikan kesan yang mendalam di hati peserta tour. Hal ini tercermin dari tangisan yang pecah di akhri tour antara peserta tour dan guidenya. 

Ibu Adriana Klara Parera, S. Pd., M. Par., pembimbing yang mengajar mata pelajaran Guiding menyatakan, "Persiapan dilaksanakan jauh sebelumnya. Anak-anak dilatih untuk berkomunikasi dan memandu dengan baik dan menyenangkan. Bahkan gladi dilaksanakan dari 1 destinasi ke destinasi lainnya untuk memastikan bahwa pada guide yang adalah peserta didik kelas XII dapan menampilkan performa terbaik.

Maria Mali salah satu tour guide mengaku sangat bangga dapat memandu peserta didik dari dua sekolah tersebut. "Adik-adik sangat aktif dan menyenangkan. Mereka dapat mengikuti semua arahan dan kegiatan yang kami rancang. Bahkan kami sama-sama bersedih. Mereka memeluk kami erat-erat hingga meneteskan air mata ketika harus berpisah di akhir tour." Uangkapnya. 

Verendsia, Guide lainnya mengakui hal tersebut dan menyampaikan apresiasinya kepada sekolah. "Terima kasih kepada sekolah yang telah memfasilitasi dan mengijinkan terselelenggaranya kegiatan ini. Terima kasih juga kepada guru-guru yang telah membimbing kami sehingga projek kami berjalan dengan baik. Semoga ULP bisa dipercayakan untuk mengatur tour yang tidak hanya menjangkau kabupaten Kupang tapi bisa keluar daerah juga." Tutupnya.

Tag : smkn1kupang ULP 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..