Rapat Penyerahan Laporan Hasil Belajar Kelas XI SMK Negeri 1 Kupang 14 Juni 2024

Hari Jumat (14/06/2024) SMK Negeri 1 Kupang melaksanakan dua agenda besar yakni penyerahan Laporan Hasil Belajar peserta didik kepada orang tua/wali murid dan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pentas Seni da Baazar. Rapat dimaksud adalah rapat bersama kepala sekolah, komite sekolah, para wakil kepala sekolah, para ketua dan sektertasi program keahlian, para wali kelas dan orang tua/wali murid kelas XII yang akan mengikuti PKL semester mendatang.

Rapat bersama orang tua/wali murid kelas XII dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah rapat bersama orang tua/wali murid program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, sementara sesi ke dua diadakan bersama orang tua/wali murid siswa dari program keahlian Managemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Pemasaran, dan Usaha Layanan Pariwisata.

Rapat ini dipimpin oleh Kepala SMK Negeri 1 Kupang, Drs. Mixon R. N. Abineno dan dipandu oleh Waka Humas, Karolus Pi, S. Pd.

Acara diawali dengan doa dan diikuti oleh sambutan dari ketua komite sekolah, Melkianus Rihi, S.H. dalam sambutannya, Melki menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang telah berproses bersama peserta didik, mendidik, dan membina para generasi penerus tersebut. Kendati demkian, beliau pun menegaskan bahwa hasil yang akan diterima hari ini, merupakan kolaborasi semua pihak. Antara lain, orang tua, kepala sekolah, komite sekolah, dan para guru. Bukan hanya guru di sekolah. Orang tua di rumah pun memiliki peranan penting  yakni mendorong dan memotivasi anak-anak sehingga dapat memperoleh hasil hari ini. “Oleh karena itu, apapun hasilnya, kita semua harus terima dengan sukacita. Saya juga memberikan apresiasi kepada para orang tua yang telah mendukung secara penuh seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah dengan berpartisipasi aktif memberikan sumbangan untuk semua kegiatan di sekolah. Semoga berkat kolaborasi yang luar biasa ini, kelak anak-anak tumbuh menjadi anak-anak yang hebat.” Tutupnya.

Sementara itu arahan Kepala SMK Negeri 1 Kupang diawali dengan perkenalan para guru oleh kepala sekolah kepada para orang tua/wali murid yang hadir. Setelah mengenalkan para guru kepada orang tua/wali murid, kepala sekolah melanjutkan sambutannya dengan menegaskan beberapa poin penting yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sekolah di tahun pelajaran yang akan datang, antara lain; Pendidikan di SMK Negeri 1 Kupang berbasis projek. Dan oleh karena itu sekolah tidak dapat jalan sendiri. Sekolah sangat mengharapkan partisipasi dan dukungan dari orang tua/wali murid demi terselenggaranya proses Pendidikan yang berkualitas. Hal penting lainnya yang disampaikan pada kesempatan itu adalah tentang masa PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang akan dimulai bulan September dan berakhir bulan Februari 2025. Oleh karena dalam masa PKL peserta didik hanya akan dimonitoring oleh guru pembimbing 2 kali dalam sebulan maka peran aktif orang tua sangat dibutuhkan. Dimohon agar orang tua memperhatikan jam istirahat malam, bangun pagi, dan jam pulang anak. Hal ini untuk membantu anak menunaikan tugas-tugas di DUDI (dunia industri) dengan disiplin yang baik dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Tegas Mixon. Setelah menyelesaikan masa PKL, peserta didik akan dibimbing untuk mengikuti ujian LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) SMK Negeri 1 Kupang. “Untuk diketahui, sampai saat ini LSP SMK Negeri 1 Kupang telah memiliki 21 sekolah jejaring yang tersebar di seluruh Provinsi NTT. Banyaknya sekolah jejaring tersebut merupakan bukti kepercayaan publik/sekolah kepada LSP SMK Negeri 1 Kupang. Sertifikasi berlogo BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) ini sangat bermanfaat bagi peserta didik ketika akan bekerja nanti. Dengan memiliki sertifikat yang diakui secara nasional dan internasional ini, peserta didik SMK Negeri 1 Kupang dapat berkerja di seluruh Indonesia, bahkan di Asia tenggara. Oleh karena itu, kami juga mohon bantuan orang tua untuk mendukung penuh anak-anak baik dari segi materi maupun dari segi penampilan dan moral. Dengan modal yang  baik ini anak-anak akan tumbuh menjadi peribadi-pribadi yang siap bersaing di tingkat regional maupun internasional.” Terang Mixon.


Praktik Kerja Lapangan bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa  untuk mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan mereka. Untuk itu SMK Negeri 1 Kupang telah berkerja sama dengan DUDI-DUDI baik di NTT maupun di luar NTT seperti di Malang, Surabaya, dan Bali.


Sesi tanya jawab yang dibuka oleh pemandu rapat dilewati karena informasi sudah jelas bagi para orang tua/wali murid. Sebagai penutup, Waka Humas, Karolus Pi, S. Pd. Mengucapkan terima kasih bagi para orang tua/wali murid yang telah dengan penuh antusias menghargai undangan rapat. Tentang hal-hal yang mungkin belum terpikirkan untuk ditanyakan, orang tua/wali murid dapat menanyakannya kepada para ketua atau sekretaris program keahlian.

Pada hari yang sama, di bawah koordinasi Ibu Janti E. H. Pandie, S. S., MM., diselenggarakan pula projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam bentuk pentas seni dan baazar. Kegiatan ini  didukung penuh oleh kepala sekolah yang telah berkenan membuka acara ini sebelum rapat bersama orang tua/wali murid kelas XII dimulai. Kegiatan ini diatur dan dipandu oleh peserta didik dari program keahlian Usaha Layanan Pariwisata untuk mengaplikasikan pembelajaran MICE (Praktik Pengaturan Event). “Bapa Mama jangan khawatir, di sini anak-anak kami didik untuk mandiri demi masa depan mereka nanti.” Tutup Mixon.

Tag : Rapatpenyerahanhasilbelajar  smekenza  smkn1kupang 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..