Buka IHT SMKN 1 Kupang, Kadis,“SMK Harus Siap Hadapi Bonus Demografi.”

Rabu (19/6/24) Managemen SMK Negeri memulai In House Training (IHT). In House Training ini dibuka oleh Kepada Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ambrosius Kodo, S. Sos.

Bertempat di aula SMK Negeri 1 Kupang, Ambrosius memberikan sejumlah catatan yang harus melandasi kinerja para guru dan tenaga kependidikan. Ambros menegaskan bahwa guru dan tenaga kependidikan harus menjadi satu tim yang solid dan dilandasi dengan pemberian diri yang tulus dan ikhlas.

Dalam arahannya Abrosius menyatakan bahwa sekolah harus punya beban lebih dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa. Sekolah-sekolah saat ini terlebih SMK khususnya SMK Negeri harus dapat memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik. Peserta didik juga harus dididik dan diproses untuk dapat bekerja secara mandiri untuk dapat menghasilkan sesuatu dalam memenuhi kebutuhannya tersebut.

Apabila SMK menghasilkan tamatan yang tidak dapat bekerja maka sekolah tersebut gagal dan menyebabkan kerugian negara karena negara telah memfasilitasi sekolah dengan berbagai fasilitas walaupun masih diberikan secara bertahap. Sebagai sekolah terkemuka di Provinsi ini, SMK Negeri 1 Kupang harus turut membangun bangsa terlebih dalam mempersiapkan bonus demografi.
Beliau mengapresiasi SMK Negeri 1 Kupang yang telah memiliki LSP Mandiri dan kini memiliki sejumlah sekolah jejaring hamper di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur. “Ini merupakan sebuah prsetasi yang membanggakan.” uangkap Abrosius. Lanjutnya, “Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang sudah sekolah ini hasilkan dengan berbagai aset dan fasilitas yang ada untuk membantu peserta didik mempersiapkan masa depannya? Apakah setelah tamat dari SMK mereka dapat berdaulat atas diri mereka sendiri sehingga mampu menghadapi bonus demografi ataukah sebaliknya, peserta didik tidak dapat bersaing menghadapi bonus demografi ini? Bicarakan semua kebutuhan dengan baik dan rancang program-program yang menghasilkan, membantu siswa mandiri sambil memanfaatkan aset yang ada demi terciptanya generasi mandiri, yang tulus ikhlas, dan tangguh menghadapi bonus demografi. Kesuksesan harus dijemput karena kesuksesan tidak pernah datang dengan sendirinya.” Tutup Ambrosius.
Hal ini selaras dengan harapan kepala SMK Negeri 1 Kupang, Mixon R. N. Abineno. Dalam sambutannya beliau berharap, kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan semangat, motivasi, dan membuka wawasan baru dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan di SMK Negeri 1 Kupang.

In House Training SMK Negeri 1 Kupang berlangsung 4 hari dengan narasumber-narasumber yang berkompeten dari Dinas Pendidikan, BKD Provinsi NTT, bahkan juga dari Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini dimulai dari hari Rabu (19/06) sampai dengan Sabtu (22/06). IHT ini diisi dengan materi-materi yang sesuai dengan kebutuhan SMK Negeri 1 Kupang demi terwujudnya guru dan tenaga kependidikan yang kompeten dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan SMK Negeri 1 Kupang.

Tag : smekenza  smkterbaikntt Smknegeri1kupang 

Popular Artikel
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang
Tampil Gemilang, Siswa SMKN 1 Kupang Sabet Medali Emas pada Popnas XVI Palembang David Ukat, sisw..
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru & Kepala Sekolah Melalui Pengisian RHK di PMM
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kupang, para guru dan kepala sekolah di sekolah t..
SMKN 1 Kupang English Club Hosted Basic Journalistic Workshop to Inspire Young Writers
SMKN 1 Kupang English Club is one of the extracurricular activities to embrace the students variety ..