PEDULI KESEHATAN MASYARAKAT KOTA, SMK N 1 KUPANG KEMBALI GELAR BAKTI SOSIAL
Di Post Oleh: Maria Wuwur Tanggal: 09/08/2019 Di Baca228 kali

PEDULI KESEHATAN MASYARAKAT KOTA, SMK N 1 KUPANG KEMBALI GELAR BAKTI SOSIAL

Kesehatan adalah kebutuhan utama seluruh umat manusia. Menyadari hal ini, SMK Negeri 1 Kupang melalui Waka Kesiswaan dalam hal ini bidang 7 Kebersihan dan Lingkungan Hidup memiliki agenda tetap untuk berkontribusi langsung terhadap kebutuhan vital masyarakat kota kupang akan udara yang bersih dan lingkungan yang sehat. Kegitan ini dilakukan melalui bakti sosial; pembersihan ruang-ruang publik misalnya pantai, bandara, dan taman kota.

Hari ini (09/08) sejumlah 180 siswa bersama wali kelas dan para pembina osis kembali melakukan pembersihan di pantai pasir panjang, tepatnya di belakang  hotel Sotis. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk menolong masyarakat agar terhindar dari udara yang tercemar. Dengan kegiatan ini pula, kita cegah sampah masuk ke Laut. Kita tahu, laut termasuk salah satu sumber pangan kita. Apabila ikan-ikan di laut mulai mengkonsumsi sampah, tentu yang kita dapat dari ikan yang kita makan bukan lagi gizi melainkan penyakit. Selain itu pembiasaan yang baik ini (memungut sampah) diharapkan dapat mendorong siswa untuk hidup di manapun dengan satu budaya yang mendidik yaitu budaya bersih, sehat dan peduli.” Tutur Donatus Bria, Waka Kesiswaan SMK N 1 Kupang.

Dalam wawancara singkat di ruang kerjanya, Guru Bahasa Inggris ini mengatakan, “SMK N 1 melalui program Waka II, Kesiswaan telah berusaha untuk mengelola segala kesibukan agar selalu ada waktu bagi sekolah khususnya para siswa untuk mengembangkan naluri kecintaanya pada lingkungan, kesehatan, dan pada generasi yang akan datang melalui kegiatan pembersihan lingkungan.” Berkaitan dengan rasa peduli dan vitalnya masalah kebersihan dan kesehatan, Donatus menyatakan bahwa SMK Negeri 1 kini telah berada di garda terdepan, menjadi contoh bagi sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan yang lain. Ia pun berharap, kegitan-kegiatan SMK N 1 ini dapat menginspirasi sekolah dan lembaga pendidikan lain untuk lebih peduli dan membiasakan peserta didik untuk terjun langsung ke tengah masyarakat, mempraktekan apa yang telah dipelajari dan di pahami di sekolah. Kepada masyarakat Kota Kupang, beliau berharap agar masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang mendidik dengan menjaga kebersihan, tidak hanya di darat tetapi juga di laut, sebab kebersihan berdampak langsung pada kesehatan. (plinongwr06)

Top