Dukung Dunia Pendidikan NTT, Alfamart Class hadir di SMK N 1 Kupang
Di Post Oleh: Maria Wuwur,S.Pd Tanggal: 02/08/2019 Di Baca425 kali

Efektifitas pendidikan terletak pada kesesuaian antara pengetahuan, keterampilan dengan kebutuhan dunia usaha. Berdasarkan inpres No 9 Tahun 2016, dunia usaha dan lembaga pendidikan diharapkan menjadi partner dalam menyelenggarakan dan menciptakan lulusan-lulusan yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

        Menjadi SMK rujukan provinsi NTT, SMK N 1 Kupang kembali membuktikan diri sebagai SMK yang layak dijadikan partner oleh Alfamart dalam hal ini, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. sebagai partner dalam menyelaraskan kurikulum dan mendirikan life laboratorium (Alfamart) demi menciptakan lulusan-lulusan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha.

Berkaitan dengan hal ini, tim rekrutmen Alfamart dan SMK N 1 Kupang telah menyeleksi dan memilih 25 siswa kelas X untuk bergabung dalam Alfamart Class. Dalam sambutannya mewakili Gubernur NTT, Kepala Dinas Pendidikan NTT meminta kepada pihak Alfamart agar menambah jumlah siswa Alfamart menjadi 36 orang sesuai dengan standar kelas yang disyaratkan oleh pemerintah.

Berkaitan dengan terserapnya lulusan setelah proses pendidikan ini, Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya yang diwakilkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT menyatakan, bahwa SMK N 1 Kupang dan Alfamart melalui Alfamart Class diharapkan tidak hanya menciptakan lulusan-lulusan yang hanya mampu bertahan hidup melainkan lulusan yang mampu mejadikan hidup lebih layak dan mandiri.

Momen sukacita ini merupakan suatu kebanggaan bagi SMK N 1 Kupang mengingat life laboratory ini merupakan yang pertama di NTT. Lebih lanjut, dalam sambutannya Kepala SMK N 1 Kupang, Mathias M. Beeh menyatakan bahwa kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya Alfamart telah melakukan perekrutan 200 tenaga kerja melalui bursa kerja khusus.

Dengan hadirnya life laboratory di SMK N 1 Kupang ini, Direktur Human Capytal PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk berharap, kerja sama semacam ini dapat pula dilakukan di sekolah-sekolah lain di NTT demi peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia NTT.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama program Alfamart dan peresmian life laboratory/bisnis centre (31/07) ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Kabid SMK Provinsi NTT, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi, Camat Oebobo, Lurah Oetete, kepala-kepala sekolah SMK dan SMP di Kota Kupang.

 

Top